Kamis, 13 November 2008

Resume Bab 5

Mengelola Stakeholders

Steakholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mmpunyai peran dalam menentukan keberhasilan. Steakholders dapat diartikan pula setiap orang yang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan, steakholders sebagi indikator keberhasilan perusahaan . Secara umum steakholders dapat dikelompokan menjadi 2 bagian yaitu steakholders internal dan steakholders eksternal. Steakholders Internal lebih mudah untuk dikendalikan dan pekerjaan komunikasi intern bisa diserahkan pada bagian lain sedangkan steakholders eksternal adalah unsur – unsur yang berada dilua kendali perusahaan ( uncontrollable ). Konsume adalah raja yang berhak untuk memilih barangnya sendiri. Pemerintah adalah penentu kebijakan. Penyalur menguasai jaringan distribusi, ia hanya menyalurkan barang yang dibutuhkan konsumen. Government PR, Press Relations, Community Relations mereka adalah para spesialis yang membatas pekerjaan mereka pada suatu unsure steakholders eksternal. Unsur steakholders Internal yaitu Pemegang Saham, Manajer dan Top Executives, Karyawan, Keluarga Karyawan sedangkan Unsur steakholders Eksternal yaitu Konsumen, Bank, Pemerintah, Pesaing, Komunitas.

Tidak ada komentar: